TERAKREDITASI BAN PT Nomor: 027/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009 Nilai : A dengan skor 3,91 (Tertinggi)
 

Latar Belakang

Latar Belakang

Program Studi Srata-1 (S-1) Hubungan Internasional dikelola oleh Jurusan Ilmu Hubungan Internasional yang didirikan sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada atas dasar Peraturan Senat Universitas Gadjah Mada tanggal 10 Juli 1957 yang mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No.15/1957. Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM merupakan institusi pertama di Indonesia yang mengajarkan Ilmu Hubungan Internasional. Dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1994 dan 1995 berkenaan dengan kurikulum nasional, dilakukan pembakuan nama-nama program studi pada program pendidikan Sarjana di Universitas Gadjah Mada, termasuk di dalamnya Ilmu Hubungan Internasional. Hal ini ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 221/DIKTI/Kep/96 Tanggal 11 Juli 1996 tentang Program Studi Pada Program Sarjana di Lingkungan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tahun 1998, 2003 dan 2009, Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM mendapatkan akreditasi dengan nilai A yang menunjukkan bahwa institusi ini berkategori sangat baik untuk penyelenggaraan program studi ini.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi Komunitas pelajar hubungan internasional yang memiliki komitmen terhadap bina-masyarakat global yang adil, damai dan beradab (Towards a Just, Peaceful and Civilized Global Society).

Misi

1. Mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif dan kolaboratif
2. Mengembangkan riset pemecahan masalah dan studi mutakhir ilmu hubungan internasional
3. Memfasilitasi pelajar hubungan internasional yang berorientasi pada refleksi, aksi dan emansipasi

Tujuan

1. Proses pembelajaran:

  • Memformulasi metode pengajaran dan pelatihan yang beroreintasi pada mahasiswa
  • Meningkatkan kompetensi staf akademik hingga pada level pemahaman yang sangat mendalam pada bidang yang ditekuninya
  • Menciptakan atmosfir atau lingkungan pendidikan yang mendorong interaksi yang lebih baik antara dosen, mahasiswa dan staf administrasi

2. Riset dan studi hubungan internasional:

  • Meningkatkan ketrampilan meneliti dan mengamati
  • Mempublikasikan hasil penelitian
  • Menopang kegiatan pembelajaran

3. Pelajar hubungan internasional:

  • Membiasakan mahasiswa untuk berfikir reflektif
  • Mendorong mahasiswa untuk belajar melalui pengalaman di luar kelas
  • Mengajak mahasiswa menemukan solusi bagi masalah-masalah hubungan internasional

Kompetensi

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM membantu dan memfasilitasi pengembangan kompetensi mahasiswa agar memiliki kemampuan analitis dan praktis, serta kesadaran untuk bersikap kritis terhadap berbagai dimensi hubungan internasional, berdasarkan norma dan prinsip multilateralisme, perdamaian internasional, dan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. Kemampuan dan sikap tersebut terwujud dalam penguasaan atas kurikulum Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM.

Kemampuan dan sikap tersebut terwujud dalam penguasaan atas kurikulum Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM yang disesuaikan dengan tuntutan pasar kerja dan users dalam 4 (empat) kelompok (clusters) kompetensi keilmuan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIPOL UGM, yaitu:

1. Diplomatic Affairs

Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja di Departemen/Kementerian Luar Negeri dan institusi-institusi diplomatik lainnya seperti kedutaan dan misi asing di dalam negeri.

2. Transnational Affairs

Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja pada beragam institusi transnasional yang mengembangkan berbagai bentuk kerjasama transnasional.

3. Analysts and Academia

Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja dalam kegiatan-kegiatan riset/penelitian dan pengajaran dalam studi hubungan internasional.

4. Journalistic Works

Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja dalam bidang jurnalistik dan media massa, terutama yang mengandalkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menangani masalah-masalah internasional dan transnasional.

Kerjasama

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional memiliki hubungan yang baik dengan berbagai pusat studi, lembaga riset, IGO dan INGO, media, dan universitas. Hal ini membuka peluang yang luas untuk menyelenggarakan program-program seperti sukarelawan, internship, freelance journalism, student exchange, dan berbagai peluang melakukan kegiatan penelitian dan kemasyarakatan.

Jl. Sosio-justisia No.1 Bulaksumur, Sleman 55281, Yogyakarta, Indonesia
Tel. +62-274-563362 Ext. 210. Fax +62-274-563362 Ext. 222. E-mail : hi.fisipol@ugm.ac.id